5 Cara Promosi di TikTok agar Jualan Laris Manis
Sep 18
3 min read
0
1
0
Di era digital ini, promosi bisnis melalui media sosial kian banyak diminati, salah satunya melalui TikTok. Media sosial ini semakin melejit ketenarannya dan dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk mempromosikan produk jualan.
Meski begitu, setiap media sosial memiliki aturan tersendiri yang perlu kamu ikuti agar jualanmu bisa laris, tak terkecuali TikTok yang merupakan media sosial berbasis video.
Lalu, bagaimana cara promosi di TikTok yang tepat agar jualanmu bisa laris? Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui jawabannya!
Cara promosi di Tiktok agar jualan laris
Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan guna memanfaatkan TikTok secara maksimal sebagai tempat promosi produkmu:
Pastikan kamu menggunakan akun bisnis
Hal pertama yang perlu dilakukan agar promosi berjalan lancar adalah mengalihkan TikTok-mu ke jenis akun bisnis. Cara ini bisa kamu lakukan dengan menekan “Settings & Privacy” yang ada dalam ikon tiga garis di pojok kanan atas halaman profile-mu.
Setelah itu, pilihlah menu “Account” dan lanjut tekan “Switch to Business Account”. Mode ini akan membuatmu bisa melihat engagement konten, menggunakan sounds khusus komersial, dan mendapatkan akses ke Business Suite Tools, seperti pengatur jadwal konten, auto-messaging, dan lainnya.
Setelah selesai, jangan lupa tambahkan foto profil yang menarik, bio singkat mengenai usahamu, dan sertakan juga link ke website atau platform media sosial lain sehubungan dengan produk jualanmu.
Kenali cara kerja TikTok lebih dalam
Berbeda dengan Instagram yang mengutamakan foto sebagai basis utamanya, TikTok merupakan media sosial berbasis video, sehingga konten-konten yang kamu buat sebaiknya lebih kreatif dan disesuaikan dengan pengguna TikTok itu sendiri.
Menurut beberapa penelitian, mayoritas pengguna TikTok adalah dewasa muda, berumur 18 - 24 tahun. Sementara, di peringkat dua adalah pengguna usia 13 - 17 tahun.
Sebab itu, cobalah cari tahu bagaimana tipe konten yang banyak diminati oleh kelompok usia tersebut, agar promosi yang kamu buat lebih kreatif dan fresh.
Pelajari cara membuat dan meningkatkan kualitas konten
Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari konten itu sendiri. Jika ingin kontenmu bisa masuk FYP dan menjadi viral, maka kamu tidak bisa membuat konten yang biasa-biasa saja.
Buatlah konten yang menarik dengan cara mempelajari konten-konten yang sudah lebih dulu viral. Kemudian, implementasikan dan cocokan kembali dengan produk yang ingin kamu promosikan.
Beberapa contoh konten yang umum digunakan untuk mempromosikan produk adalah konten tentang Behind the Scene, edukasi, dan tutorial.
Gunakan filter dan audio yang sedang viral
Konten yang viral umumnya berkaitan erat dengan filter dan sound yang viral. Saat kamu menggunakan sound yang sedang trending, video yang kamu unggah bisa lebih mudah dikenali audiens.
Seiring berjalannya waktu, cara ini efektif untuk memperbanyak jumlah tayangan dan menaikkan engagement rate akunmu.
Manfaatkan Stitch dan Hashtag Challenge dengan maksimal
Fitur Stitch pada TikTok memungkinkan kamu untuk “menjahit” video milik kreator lain. Fitur ini bisa digunakan untuk membuat konten-konten dengan nada tanggapan yang fresh dan menarik.
Misalnya, bila kamu memiliki produk kecantikan dengan kandungan retinol, kamu bisa menggunakan fitur Stitch pada video kreator yang membicarakan kelebihan retinol itu sendiri untuk menanggapi sekaligus menambahkan nilai plus dari produkmu.
Selain itu, kamu juga pasti pernah melihat hashtag pada caption video yang muncul di FYP-mu. Nah, coba buat hashtag challenge menarik yang bisa diikuti oleh banyak orang dan bersiaplah menciptakan tren viral baru!
Coba program TikTok Shop Affiliate
Program TikTok Shop Affiliate dapat menghubungkan kamu sebagai seller dengan kreator video di TikTok. Nantinya, mereka akan memasukkan link produkmu ke dalam konten video yang mereka unggah.
Setiap ada pengguna yang memencet link tersebut dan membeli produkmu, kreator akan mendapatkan komisi. Karena itu, cara ini sebenarnya memerlukan kamu untuk merogoh kocek sebagai persentase komisi kreator.
Namun, cara ini tak ada salahnya dicoba. Sebab, sudah lumayan banyak brand yang berhasil mempromosikan produk mereka melalui kerjasama affiliate ini.
Daftar TikTok Ads
Untuk memperluas jangkauan promosi dengan cepat, kamu juga bisa memanfaatkan jasa TikTok Ads. Jenis TikTok Ads pun berbagai macam dan bisa dipilih sesuai keinginanmu.
Sebagai contoh, ada Brand Takeover yang biasanya muncul pertama saat kamu membuka aplikasi. Ada juga In-Feed Video, advertisement yang muncul saat audiens sedang men-scroll FYPnya.
Nah, itulah beberapa cara promosi di TikTok yang bisa kamu coba agar produk jualanmu cepat dilirik audiens. Meski terkesan sulit, bila dilakukan secara konsisten, cara di atas bisa meningkatkan penjualan produkmu. Jadi, sudah siapkah menggunakan TikTok sebagai salah satu platform jualanmu?
Tak ketinggalan, kamu juga jangan sampai melewatkan kerjasama dengan influencer di TikTok sebagai salah satu upaya agar branding awareness bisnismu semakin meningkat. Daftarkan bisnis Anda di INFINA dan temukan influencer dari berbagai kategori yang relevan dengan bisnismu !