Apa Itu Endorse, Manfaat, dan Cara Kerjanya
Sep 18
3 min read
0
1
0
Beberapa tahun belakangan ini, istilah endorse rasanya semakin terdengar akrab di telinga. Terlebih dengan berkembangnya media sosial yang kini menjadi wadah bagi banyak pihak untuk mempromosikan produk dan jasa.
Meski bisa dilakukan sendiri, promosi yang dilakukan pelaku usaha, terlebih bila baru berdiri, terkadang menjadi tak maksimal karena belum ada audiens. Nah, di sinilah, peran influencer dibutuhkan untuk mempromosikan produk atau jasa dari brand tersebut.
Salah satu jenis kerjasama yang umum dilakukan bersama influencer adalah endorse. Lalu, sebenarnya apa itu endorse? Dan, bagaimana manfaat serta cara kerjanya? Yuk, cari tahu lebih lanjut dalam artikel berikut!
Pengertian Endorse
Secara harfiah, endorse berasal dari Bahasa Inggris, yaitu endorsement, yang berarti mendukung. Sesuai artinya, endorse kerap digunakan untuk merujuk aktivitas pemberian dukungan oleh seorang public figure terhadap sebuah brand.
Dalam kata lain, endorse merupakan cara promosi menggunakan jasa public figure, seperti influencer, dengan sistem kerja sama atau berbayar.
Meng-endorse influencer pun kini menjadi salah satu ajang promosi paling diminati. Pasalnya, influencer memiliki audiens yang loyal. Audiensnya pun umumnya mempunyai ketertarikan yang sama dengan influencer tersebut. Sebab itu, influencer mampu membuat followers percaya terhadap produk yang mereka promosikan dengan cepat.
Manfaat Endorse
Semakin banyaknya pihak yang mencoba endorse tentu bukan tanpa alasan. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, di antaranya:
Meningkatkan brand awareness dengan cepat
Sesuai namanya, influencer dapat mempengaruhi orang lain, terlebih followers mereka sendiri. Followers mereka pun umumnya sangat tertarik dan mengikuti konten mereka.
Karena itu, awareness produkmu dapat meningkat dengan cepat saat dipromosikan oleh influencer. Apalagi bila kamu bekerja sama dengan lebih dari satu influencer. Bayangkan bagaimana produkmu akan cepat dikenal oleh orang-orang. Menarik, bukan?
Membangun kredibilitas produk
Selain meningkatkan brand awareness, endorse juga bisa membangun kredibilitas produk kamu. Mintalah influencer untuk mempromosikan kelebihan produkmu, misalnya dengan memberikan review positif.
Selain itu, kamu juga bisa membuat brief tertentu, seperti meminta influencer membandingkan kelebihan produkmu dengan produk kompetitor. Dengan demikian, secara perlahan, followers akan mengingat dan percaya dengan produkmu.
Memiliki harga yang terjangkau
Dibandingkan promosi konvensional, endorsement bisa lebih terjangkau. Terlebih bila kamu meng-endorse micro atau nano influencer yang memiliki cakupan followers di angka 100 ribu ke bawah.
Meski followers-nya tak begitu banyak, bukan berarti mereka tidak punya pengaruh kuat, lho. Justru, karena jumlah followers-nya lebih sedikit, mereka biasanya bisa menjaga kedekatan dengan followers secara baik, sehingga engagement rate-nya pun tinggi.
Bahkan, ada juga influencer yang bisa diajak kerja sama dengan sistem barter atau dibayar dengan produkmu, terutama influencer yang baru meniti karir.
Cara Kerja Endorse
Bila kamu tertarik menggunakan jasa endorse setelah mengetahui manfaatnya, kamu perlu mengetahui cara kerjanya terlebih dulu. Berikut cara kerja endorse:
Bersifat berbayar
Seperti yang sudah disebutkan, endorse dilakukan dalam sistem bayaran. Saat membuat kesepakatan dengan influencer, kamu bisa menanyakan secara detail rate atau harga yang mereka patok.
Kemudian, buatlah kesepakatan dengan influencer, seperti di platform mana saja produkmu dipromosikan, durasi konten, atau berapa lama konten akan dipertahankan di feeds atau channel mereka. Intinya, buatlah kesepakatanyang menguntungkan kedua belah pihak.
Bersifat umum
Agar maksimal, pastikan media sosial influencer yang mau kamu endorse tidak di-private. Dengan begitu, konten promosi dapat dilihat lebih banyak orang, tak terbatas pada followers saja. Misalnya, dilihat oleh pengunjung profil influencer tersebut atau bahkan muncul di explore Instagram.
Pastikan juga review yang dilakukan influencer bersifat positif agar audiens tertarik untuk membeli produk. Kamu bisa menyiapkan brief konten untuk influencer. Namun, jika naskah disiapkan oleh influencer, kamu perlu me-review naskah tersebut sebelum kontennya naik.
Tidak mengikat
Berbeda dengan kerja sama brand ambassador, influencer bisa me-review berbagai macam produk dalam satu hari. Hal ini karena endorsement bukanlah kerja sama yang mengikat.
Jadi, sebagai contoh, bila kamu meng-endorse makanan pizza, influencer tersebut masih bisa mengambil kerjasama endorse dengan pihak lain yang memiliki produk pizza juga.
Tidak memiliki kontrak
Terkadang, brand besar menginginkan kerjasama endorse yang bersifat kontrak. Namun, kebanyakan jenis endorse adalah yang tidak mengikat. Ini artinya tidak ada kontrak.
Jadi, Kamu tidak harus selalu bertemu langsung dengan influencer. Kamu bisa menghubungi influencer secara online dan mengirimkan produkmu dengan jasa pengiriman.
Nah, untuk mempermudah kamu terhubung dengan influencer, kamu bisa mencoba menggunakan platform INFINA. Di sini, kamu bisa mencari influencer yang paling sesuai dengan produkmu, lho. Yuk, temukan pilihan influencer untuk berbagai jasa, termasuk endorse, di INFINA dengan harga terjangkau
Bagi kamu yang ingin mendaftar di INFINA, klik disini !