top of page

Apa Itu Engagement Rate dan Cara Menghitungnya

Sep 18

3 min read

0

1

0



Kamu mungkin sudah cukup sering mendengar istilah engagement rate, terlebih bila cukup aktif menggunakan media sosial. Istilah ini pun dinilai penting diketahui, khususnya bagi pihak yang terlibat dalam dunia digital marketing, misalnya influencers atau brand yang memasarkan produk di media sosial.


Secara umum, engagement rate bisa disebut sebagai tolak ukur keterlibatan followers pada sebuah konten di platform media sosial. Namun, cara penghitungan engagement rate pun sebenarnya beragam, lho


Lalu, sebenarnya apa maksud engagement rate itu sendiri? Dan bagaimana saja cara menghitungnya? Simak artikel berikut untuk mengetahui jawabannya. 


Apa itu Engagement Rate?

Tingginya penggunaan media sosial saat ini telah membuat kegiatan digital marketing tumbuh semakin pesat. Namun sayangnya, masih banyak pihak yang belum mengerti bagaimana cara memanfaatkan audiens sebagai target pasar secara maksimal.


Nah, di sinilah muncul istilah engagement rate, yang merupakan indikator untuk mengukur performa sebuah konten pada media sosial, misalnya dari jumlah likes, comment, dan shares. Indikator ini perlu dipahami oleh pihak-pihak yang beraktivitas dalam bidang digital marketing guna menilai keterlibatan audiens dengan konten yang disajikan.


Engagement rate juga bisa digunakan sebagai alat untuk memahami keinginan audiens. Saat suatu konten mendapatkan banyak perhatian dari followers, maka public awareness terhadap produk atau hal yang ada di dalam konten tersebut pun akan meningkat.


Dengan begitu, kita bisa menyuguhkan konten yang lebih sesuai dengan minat audiens kedepannya. Tak hanya itu, engagement rate juga bermanfaat untuk menilai efektivitas sebuah campaign dan sebagai sarana untuk mengukur kinerja kompetitor dan influencers serta perusahaan lainnya. 


Cara Menghitung Engagement Rate

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, engagement rate bisa dilihat dari interaksi yang dilakukan audiens terhadap konten kita. Selain likes atau comments, masih ada banyak faktor lainnya, tergantung platform itu sendiri.


Sebagai contoh, di Twitter, retweet menjadi salah satu faktor penentu engagement rate sebuah konten. Sementara itu, di ranah website, scroll depth, lama rata-rata pengunjung di sebuah halaman, dan bounce rate, adalah beberapa faktor yang mempengaruhi engagement ratenya.


Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghitung engagement rate:


  1. Engagement rate by reach

Menghitung engagement rate by reach (ERR) dianggap lebih akurat dibandingkan sekadar menghitung jumlah followers saja. Pasalnya, belum tentu semua followers melihat konten yang kita unggah. Sebaliknya, orang yang tidak mengikuti kita bisa saja melihat konten tersebut.


Engagement rate by reach menghitung jumlah persen orang yang berinteraksi dengan konten berdasarkan dari jumlah reach dari konten tersebut. Oleh karena itu, untuk menghitung engagement rate dengan cara ini, kamu perlu rumus berupa:

ERR: (Jumlah engagement per post / reach per post) x 100

Sementara itu, bila kamu ingin menghitung rata- rata ERR dari beberapa konten, kamu bisa menggunakan rumus berikut:


Average ERR: total ERR / total konten


  1. Engagement rate by post 

Metrik perhitungan yang satu ini hampir serupa dengan perhitungan engagement rate by reach. Haya saja, perhitungan engagement rate by post (ERP) menggunakan jumlah followers sebagai faktor pembaginya. Rumusnya adalah:


ERP: (Jumlah engagement dalam satu post / jumlah followers) x 100

Metode perhitungan engagement rate ini dinilai cocok digunakan saat angka reach setiap post cukup berbeda atau fluktuatif.


  1. Engagement rate by impression

Selain menggunakan jumlah reach dan jumlah followers, kamu juga bisa menggunakan impresi atau impression sebagai faktor pembagi dalam perhitungan engagement rate. Impression sendiri adalah istilah untuk menggambarkan seberapa sering sebuah konten tampil atau muncul di layar followers.


Untuk menghitungnya, kamu bisa menggunakan rumus berikut:


ER Impression: (Jumlah engagement per post / jumlah impression) x 100


  1. Daily engagement rate

Bila kamu ingin mengetahui bagaimana followers kamu biasanya berinteraksi sepanjang hari dengan konten yang kamu unggah, kamu bisa mencoba menghitung daily engagement rate. Rumus yang dapat kamu gunakan adalah sebagai berikut:

Daily ER: (Jumlah engagement dalam satu hari / jumlah followers) x 100


  1. Engagement rate by views

Kamu juga bisa menghitung engagement rate dari sebuah konten video yang kamu unggah di media sosial. Caranya adalah dengan menggunakan rumus:

ER view: (Jumlah engagement dalam video / jumlah views) x 100


Nah, itulah berbagai indikator yang dapat kamu gunakan untuk menghitung engagement rate atau keterlibatan audiens dengan konten yang kamu sajikan. Tak begitu sulit, kan


Memahami cara menghitung engagement rate dapat menjadi langkah utama untuk menyusun strategi campaign yang kamu miliki. Tak hanya itu, kamu pun bisa mengoptimalkan campaign atau aktivitas digital marketing produk yang kamu pasarkan.

Setelah kamu mengetahui apa itu engagement rate, penting untuk seorang pebisnis dalam memilih influencer yang tepat dalam mempromosikan produk bisnis Anda. Cari mikro influencer dari berbagai kategori di INFINA untuk bantu promosikan bisnis kamu dengan harga yang lebih terjangkau.



Sep 18

3 min read

0

1

0

Comments

Share Your ThoughtsBe the first to write a comment.
bottom of page