top of page

Cara Membuat Kontrak Kerja yang Tepat dengan Influencer

Sep 18

2 min read

0

3

0




Salah satu faktor pelaksanaan program marketing yang sukses adalah bekerja sama dengan influencer. Nah, apakah Anda tertarik untuk bekerja sama dengan influencer saat akan membuat sebuah event atau program marketing? Pahami cara kerjanya, dan temukan dengan siapa Anda akan bekerja sama sehingga terbentuk sinergi dengan produk atau program yang anda iklankan, sehingga target pemasaran tercapai. Kami akan mengulas tentang pengertian dan tujuan perjanjian dengan influencer. Simak yuk, agar Anda tahu strategi dan tips bekerja sama untuk mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda.


Pengertian Influencer

Salah satu cara promosi digital yang paling efektif adalah dengan menggunakan program influencer marketing, yaitu strategi pemasaran melalui kemitraan dengan influencer media sosial untuk menjangkau target pasar. Seperti namanya, influencer media sosial adalah orang-orang yang aktif di media sosial, memiliki profesi dan keterampilan khusus, sehingga dapat memengaruhi pengikutnya.


Apa Tujuan dari Perjanjian Influencer?

Kontrak antara KOL atau influencer dan brand adalah untuk melindungi kedua belah pihak dan memastikan kewajiban terpenuhi satu sama lain. Kemitraan antara influencer media sosial dan brand bisa berhasil selama peran dan ekspektasi ditentukan dari awal. 


Bagian Apa yang Harus Anda Sertakan dalam Kontrak ?

Meskipun sebagian besar dari kita menginginkan kontrak influencer menjadi perjanjian satu halaman, ini biasanya tidak sesuai. Lagi pula, kontrak harus mencakup setiap aspek hubungan bisnis Anda, mulai dari jenis konten yang diproduksi dan hak Anda atas konten tersebut, hingga apa yang harus dilakukan jika terjadi kesalahan atau pelanggaran kesepakatan. 


Selain itu, Anda harus memastikan bahwa influencer yang Anda ajak kerjasama dapat mematuhi semua persyaratan hukum seputar pemasaran dan periklanan secara umum. Jika tidak, akan ada konsekuensi bagi semua orang yang terlibat. Oleh karena itu, kontrak influencer harus mencakup hal-hal berikut :


  • Lingkup pekerjaan secara terperinci

Prioritas pertama Anda harus menguraikan ruang lingkup pekerjaan yang akan dilakukan, dan apa tujuannya. Ini berarti menetapkan bahwa kontrak ini dibuat untuk tujuan pembuatan konten atau bentuk kolaborasi lainnya. Diskusikan apakah Anda akan menggunakan ini sebagai iklan di platform/situs web Anda sendiri selain halaman influencer.


  • Panduan estetika dan branding

Bergantung pada tujuan Anda, beberapa branding mungkin diperlukan. Misalnya, sebagian besar dari kita memiliki warna yang digunakan secara konsisten selama program marketing berlangsung. Bergantung pada penggunaan konten oleh influencer, Anda dapat memutuskan bahwa elemen merek ini akan digunakan. 


Alternatifnya, Anda dapat menentukan penyertaan logo perusahaan Anda di suatu tempat. Spesifikasi ini harus didiskusikan panjang lebar dan dijabarkan dengan hati-hati. Namun, biasanya disarankan untuk memberi influencer kebebasan berkreasi sebanyak mungkin sembari melindungi citra brand Anda.


Tertarik untuk bekerjasama dengan influencer? Yuk bergabung bersama INFINA dan temukan berbagai influencer yang siap berkolaborasi dengan brand anda. Daftarkan bisnis anda di infina.id !


Sep 18

2 min read

0

3

0

Comments

Share Your ThoughtsBe the first to write a comment.
bottom of page