Cara Membuat Rate Card untuk Influencer

August 02, 2022

Demi menunjukkan profesionalisme yang dimiliki, rate card adalah salah satu dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap influencer ataupun content creator. Tak hanya itu saja, dengan adanya kartu ini, Anda secara tidak langsung bisa mempermudah proses kerja sama dengan suatu perusahaan atau brand. Maka dari itu, mengetahui cara membuat rate card untuk influencer sangatlah penting. Pasalnya, jasa dan tarif yang ditawarkan sudah tercantum dengan jelas pada kartu ini.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang dokumen satu ini, simak informasinya lebih lanjut!

Pengertian Rate Card

Dikutip dari Marketing Terms, rate card merupakan salah satu dokumen yang berisikan rincian harga untuk penempatan iklan di dalam sebuah perusahaan. Jika menurut The Balance Careers, di dalam dokumen tersebut juga terdapat berbagai detail lainnya seperti demografi, biaya tambahan, dan hal-hal penting lain untuk diketahui oleh calon klien. Umumnya, perusahaan yang menyediakan dokumen seperti ini bergerak di bidang media dan publikasi.

Seiring berjalannya waktu, tak hanya perusahaan saja yang membutuhkan rate card. Berbagai profesi seperti influencer, key opinion leader (KOL), content creator, dan lainnya tentu sudah mulai menggunakan dokumen ini. Sama halnya seperti agensi periklanan, orang-orang tersebut juga memberikan daftar harga untuk memberikan jasanya di media sosial. Jadi, perbedaannya hanya terjadi dalam bentuk perusahaan dan juga perorangan. 

Keduanya tentu saja sangat membutuhkan rate card untuk memberitahukan tarif yang mereka miliki kepada calon “pelanggan”. Dalam hal ini adalah brand yang ingin melakukan kerja sama. Jadi, sampai disini sudah paham kan apa itu rate card?

Siapa yang Membutuhkan Rate Card?

Dari awal sudah disebutkan bahwa dokumen ini dibutuhkan juga oleh influencer dan content creator untuk menjelaskan tarif mereka dalam melakukan kerja sama dengan brand atau perusahaan tertentu. Namun jangan salah paham, sebab rate card ini juga telah menjadi salah satu istilah yang populer di industri kreatif dan freelance. Misalnya adalah videografer.

Meskipun tidak bekerja pada sebuah perusahaan, tentu orang-orang yang bekerja di industri kreatif dan freelance ini harus menentukan gajinya sendiri. Oleh sebabnya, dokumen ini bisa dijadikan sebagai patokan jika ada orang atau perusahaan yang ingin menggunakan jasa mereka. Dengan demikian rate card sangat membantu orang-orang yang bekerja di industri kreatif seperti sekarang ini. 

Cara Membuat Rate Card

Ingin tahu bagaimana cara membuat rate card untuk influencer? Berikut adalah beberapa cara membuat rate card yang bisa Anda lakukan di rumah. 

Cari Tahu Audiens yang Ingin Dicapai

Pertama, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu siapa saja target audiens yang ingin dicapai. Contohnya content creator yang fokus membuat konten tentang kehidupan menjadi seorang ibu muda di era digital. 

Jika ia memiliki followers sebanyak 50 ribu dengan engagement yang cukup tinggi pada setiap story ataupun post, maka audiens yang dimiliki sudah cukup tersegmentasi dengan baik. Hal ini tentunya bisa dijadikan sebagai nilai lebih bagi brand atau perusahaan yang ingin melakukan kerja sama.

Tentukan Harga Berdasarkan Berbagai Macam Metrik

Ada beberapa jenis metrik yang bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan harga pada rate card. Dua di antaranya adalah cost per action (CPA) cost per view (CPV). Ketika menentukan harga, jangan lupa untuk mencantumkan persentase engagement yang Anda miliki sebagai seorang influencer. Hal ini akan menjadi daya tarik untuk membuat klien merasa tertarik.

Gunakan Desain yang Menarik

Terakhir, cobalah untuk membuat rate card dengan desain yang sangat menarik dan mudah untuk dibaca oleh calon klien Anda. Pastikan semua tarif tercantum secara jelas dan desainnya pun harus disesuaikan dengan brand image yang Anda miliki. 

Nah, itulah informasi menarik tentang cara membuat rate card untuk influencer. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang influencer, kini sudah bisa bergabung bersama INFINA untuk mendapatkan kesempatan kerja saja dengan banyak perusahaan dalam promosi bisnis. Para influencer yang bergabung dengan INFINA tentu akan mendapatkan kemudahan untuk melakukan kerja sama dengan brand atau perusahaan. Menarik bukan?

Klik disini untuk daftar jadi influencer : https://infina.id/as-influencer

 

Chat melalui whatsapp!
Selamat datang di Infina, kami siap membantu anda untuk memandu dan menginformasikan tentang infina.id
Ada yang bisa kami bantu?
Saya bertanya sebagai

Jasa influencer, Paid Promote, Endorsement Murah untuk UKM/UMKM

INFINA adalah platform pemasaran satu pintu bagi pebisnis UKM atau UMKM online yang ingin melakukan pemasaran melalui jasa influencer, paid promote, endorsement, hingga affiliate marketing dan juga jasa live streaming dengan harga terjangkau.

Paid promote adalah kegiatan pemasaran menggunakan jasa influencer untuk memperkenalkan produk UMKM. Endorsement adalah kegiatan pemasaran melibatkan influencer yang akan mengulas sebuah produk dan jasa dengan harga terjangkau. Sementara affiliate marketing adalah di mana seorang afiliator atau influencer mempromosikan produk atau layanan bisnis melalui tautan afiliasi melalui social media.

INFINA juga saat ini sedang mempersiapkan INFINA 4.0 yang akan merangkul secara penuh affiliate marketing yang akan menggunakan LIVE Streaming sebagai salah satu variabel penting dalam pergerakannya.