top of page

Cara Mendapatkan Testimoni yang Positif dari Konsumen

Sep 18

3 min read

0

2

0

Intip 4 Cara Mendapatkan Testimoni yang Positif dari Konsumen

Untuk menjalankan bisnis atau usaha, mendapatkan umpan balik atau testimoni dari konsumen merupakan hal yang sangat penting. Pendapat para konsumen sendiri akan mewakilkan kepuasan mereka terhadap produk yang kamu tawarkan. Cara mendapatkan testimoni yang positif dari konsumen pun harus dilakukan dengan baik. Dengan demikian kamu pun bisa memiliki testimoni yang baik untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnismu. 

Pendapat konsumen pastinya sangat penting terhadap kelangsungan suatu bisnis agar bisa berkembang dengan baik. Agar lebih paham dengan testimoni, maka simak ulasan berikut ini. 

Apa Itu Testimoni?

Testimoni adalah pendapat konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh penjual. Pendapat ini bisa diberikan dalam dua bentuk, yakni positif dan negatif. Bila konsumen memberikan testimoni positif itu artinya mereka merasa puas dengan produk atau jasa yang dibelinya. Sedangkan testimoni negatif bisa terjadi karena adanya rasa ketidakpuasan konsumen atas produk atau jasa yang sudah mereka dapatkan. 

Tak hanya mengarah pada produk atau jasa saja, para konsumen juga umumnya akan memberikan testimoni untuk mengomentari pelayanan atau proses transaksi yang dilakukannya bersama penjual sebagai penyedia barang dan jasa. Singkatnya, testimoni merupakan pernyataan berupa pendapat yang positif atau negatif dari konsumen terkait dengan pengalamannya berbelanja dengan penjual, mulai dari pelayanan hingga kualitas barang atau jasa yang didapatkannya. 

Manfaat Testimoni Konsumen untuk Bisnis

Testimoni yang diberikan oleh konsumen pastinya akan memberikan peran besar terhadap kemajuan suatu bisnis. Tak jarang testimoni pelanggan kerap kali dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan produk yang ditawarkan. Umumnya, konsumen baru sangat memperhatikan testimoni yang diberikan oleh para pembeli sebelumnya sebelum mereka memutuskan untuk menggunakan produk tersebut. 

Maka dari itu manfaat testimoni positif sendiri sangat penting terhadap suatu bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan diberikan oleh testimoni positif terhadap kelangsungan suatu bisnis:

  • Menarik perhatian konsumen baru

  • Bentuk media promosi

  • Meningkatkan reputasi dari produk dan jasa

Cara Mendapatkan Testimoni yang Positif dari Konsumen

Testimoni positif umumnya akan diwakilkan dalam bentuk kata-kata puas dari konsumen. Hal ini bisa dilakukan secara langsung atau melalui kolom komentar pada platform marketplace sebagai tempat pemasaran produk atau jasa. Kumpulan testimoni positif tentunya sudah terbukti bisa memberikan banyak keuntungan dalam suatu bisnis. Lantas, bagaimana cara mendapatkan testimoni yang positif dari konsumen dengan mudah? Simak ulasannya di bawah ini. 

Melakukan Komunikasi yang Baik dengan Konsumen

Sebagai seorang penjual produk atau jasa, kamu tentunya harus memperhatikan hal-hal lain selain kualitas barang yang akan dipasarkan. Salah satunya adalah interaksi yang dilakukan dengan konsumen. Interaksi ini harus dilakukan dengan cara menyapa hingga memberikan perhatian secara langsung ataupun melalui akun media sosial bisnismu. Dengan demikian kamu bisa menciptakan interaksi yang baik dengan konsumen. 

Melayani Konsumen Secara Tepat

Setiap konsumen pastinya punya karakter yang berbeda-beda. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian kamu saat mulai menjalankan suatu usaha. Kamu tentunya harus memahami karakter konsumen dengan cara melakukan pendekatan yang baik. Hal ini tentunya bisa membuat para konsumen menjadi pelanggan setia setiap kali kamu memperkenalkan produk baru. 

Selalu Menghargai Pendapat Konsumen

Cara mendapatkan testimoni yang positif dari konsumen selanjutnya adalah selalu menghargai pendapat konsumen. Hal tersebut dikarenakan pendapat konsumen adalah hal yang sangat penting bagi seorang pebisnis. Oleh karena itu kamu harus bisa menghargai semua pendapat yang diberikan oleh konsumen. 

Manfaat Media Sosial dengan Maksimal

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial. Pasalnya hal ini bisa membantumu dalam mendekatkan diri dengan konsumen. Pastikan kamu selalu memberikan feedback yang menarik kepada konsumen yang sudah membagikan pengalaman mereka saat menggunakan produk yang kamu tawarkan di akun media sosial. 

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan testimoni yang positif dari konsumen untuk meningkatkan perkembangan bisnis yang sedang kamu jalankan. Saat bisnis mendapatkan testimoni positif dari konsumen, tentunya akan memberikan banyak keuntungan. Salah satunya bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Hal ini tentunya akan membuat bisnis semakin berkembang dan memberikan banyak keuntungan untuk kamu seiring berjalannya waktu. 

Jika kamu ingin menarik minat konsumen secara luas, menggunakan jasa influencer bisa dilakukan dengan mudah. Caranya adalah dengan menggunakan platform marketing influencer INFINA. Jasa ini dapat dimanfaatkan sebagai jembatan antara pelaku UMKM dengan influencer untuk melakukan paid promote dengan harga terjangkau. di sini kamu juga bisa melakukan endorsement agar influencer mengulas produk yang akan Anda tawarkan. Dengan demikian akan ada banyak konsumen baru yang ingin membeli produk tersebut. Menarik bukan?

Kebutuhan promosi bisnis kamu pastinya bisa dipenuhi oleh INFINA sekarang juga!

Sep 18

3 min read

0

2

0

Comments

Share Your ThoughtsBe the first to write a comment.
bottom of page