Cara Mudah Edit Foto Instagramable Menggunakan Smartphone

May 27, 2022

Memiliki hasil foto menakjubkan layaknya profesional, kini sudah bisa kita dapatkan cukup dengan menggunakan smartphone lho. Tidak hanya kualitas foto dan pencahayaan yang baik, kemampuan editing pun juga menjadi salah satu faktor pendukung agar foto yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan. Aplikasi editor via smartphone juga telah banyak tersedia dan sangat mudah digunakan, sehingga orang awam pun dapat menggunakannya untuk keperluan mengedit foto agar tampak lebih menarik.

 

Sebenarnya bukan hanya keberadaan aplikasi editing saja yang menjadi hal utama dalam mengedit foto. Kamu juga perlu memastikan beberapa hal lainnya untuk menghasilkan foto yang estetik, diantaranya :

1. Gunakan Pencahayaan yang Cukup

Hal mendasar sebelum kamu memotret adalah pastikan objek jepretanmu mendapat pencahayaan yang cukup. Usahakan kamu memotret dengan sumber cahaya dari matahari dan bukan dari cahaya buatan (misalnya ringlight), agar hasil foto terlihat lebih natural. Selain menghasilkan foto yang terang dan jelas, hal ini juga meminimalisir proses editing kamu nantinya. 

2. Pilih Objek Simetris 

Setelah menentukan pencahayaan dalam memotret, kamu juga perlu melihat apakah objek kamu dominan dan terlihat simetris di dalam foto. Kamu bisa membayangkan jika objek kamu dimasukkan kedalam bingkai, jika terlihat simetris maka objek yang kamu pilih tersebut sudah tepat. Biasanya hal ini bisa kamu lihat dalam menentukan objek seperti gedung, rumah, pohon atau lainnya. Kamu juga dapat menggunakan fitur grid untuk membantu menentukan letak suatu objek apakah terlihat simetris atau tidak. 

3. Tentukan Objek dengan Jepretan Mata

Saat kita mendatangi suatu tempat yang terlihat indah, usahakan untuk “membidik” objek tersebut dengan mata kita sebelum memotret. So, pastikan kamu memerhatikan sekeliling terlebih dahulu agar dapat merasakan keindahan suatu objek, seperti bekerja sama antara penglihatan mata dengan jepretan kamu.

 

Hasil foto yang estetik membutuhkan lebih banyak faktor pendukung daripada yang dibayangkan. Proses editing-nya pun bisa mudah, cukup mudah, atau bisa juga menjadi lebih sulit. Kita bisa mengerjakannya sesuai dengan keahlian yang kita miliki. Lalu apa saja sih aplikasi yang bisa kamu gunakan dalam keperluan editing foto via smartphone? Berikut INFINA berikan rekomendasinya untuk kamu :

 

1. SnapSeed

Fitur pengeditan di aplikasi SnapSeed ini cukup banyak tersedia. Mulai dari tone image, crop, details, tonal contrast, hingga pengaturan portrait-landscape. Dengan menggunakan SnapSeed, kamu bisa menghasilkan foto yang berkualitas baik dan juga memiliki gradasi gelap, terang atau bahkan transparan.


 

2. Lightroom

Cara kerja aplikasi ini tidak berbeda jauh dengan Adobe Photoshop, karena Lightroom sendiri merupakan aplikasi pengembang perangkat lunak milik perusahaan kenamaan Adobe. Dengan menggunakan Lightroom ini, kita bisa memperbaiki gambar dengan meningkatkan kualitasnya. Aplikasi ini juga dapat membantu kita untuk mengedit foto dan menciptakan manipulasi warna sesuai dengan selera, mengubah resolusi gambar, dan sebagainya. Jika ingin mengedit foto dengan Lightroom, kamu diharuskan untuk mengupload gambar terlebih dahulu sebelum menggunakannya. 


 

3. VSCO

Aplikasi VSCO ini adalah yang paling populer di kalangan penggunanya. Melalui VSCO, kita dapat mengedit foto dan bahkan bisa mengambil foto melalui aplikasi ini. Fitur editing yang tersedia juga banyak, serta mempunyai pilihan filter yang bisa kamu gunakan sesuai dengan keinginan.

 

4. PicsArt

PicsArt mempunyai fitur pada aplikasinya untuk menambahkan dekorasi dan filter pada foto yang ingin diedit. Aplikasi ini juga menyediakan banyak sekali fitur sticker yang bisa ditambahkan pada foto editan kamu. 

 

5. Unfold

Aplikasi Unfold didesain untuk membantu pengguna instagram yang kerap mengunggah momen pada instagram story-nya. Disini kamu bisa memiliki template yang cenderung artsy dengan banyak pilihan font yang unik. Belakangan ini para pengguna Unfold juga sudah bisa menikmati fitur edit foto atau video dengan format GIF atau format foto gerak singkat.

 

6. Canva

Canva merupakan salah satu platform aplikasi edit yang sangat trending di Indonesia. Banyak pengguna yang menyukai Canva karena aplikasi ini menyediakan fitur yang lengkap terutama untuk kebutuhan pembuatan grafik, konten media sosial, presentasi, poster hingga konten visual lainnya. Kamu juga dapat mengubah font yang menarik atau mengubah background foto kamu melalui aplikasi ini.

 

Nah, dari sekian banyak aplikasi editing yang ada, kami memilih 6 aplikasi ini sebagai “Aplikasi Edit Foto Terbaik versi INFINA”. Bagaimana, Teman INFINA? Aplikasi smartphone mana nih yang jadi favorit kamu?

Chat melalui whatsapp!
Selamat datang di Infina, kami siap membantu anda untuk memandu dan menginformasikan tentang infina.id
Ada yang bisa kami bantu?
Saya bertanya sebagai

Jasa influencer, Paid Promote, Endorsement Murah untuk UKM/UMKM

INFINA adalah platform pemasaran satu pintu bagi pebisnis UKM atau UMKM online yang ingin melakukan pemasaran melalui jasa influencer, paid promote, endorsement, hingga affiliate marketing dan juga jasa live streaming dengan harga terjangkau.

Paid promote adalah kegiatan pemasaran menggunakan jasa influencer untuk memperkenalkan produk UMKM. Endorsement adalah kegiatan pemasaran melibatkan influencer yang akan mengulas sebuah produk dan jasa dengan harga terjangkau. Sementara affiliate marketing adalah di mana seorang afiliator atau influencer mempromosikan produk atau layanan bisnis melalui tautan afiliasi melalui social media.

INFINA juga saat ini sedang mempersiapkan INFINA 4.0 yang akan merangkul secara penuh affiliate marketing yang akan menggunakan LIVE Streaming sebagai salah satu variabel penting dalam pergerakannya.