Ini Dia Perbedaan Tiktok Biasa dan Tiktok Versi Lite

November 15, 2022

Siapa yang tak kenal dengan Tiktok? Platform media sosial satu ini rasanya sudah tak asing lagi di telinga kita. Bahkan, ketenarannya semakin melejit dan kian digandrungi oleh berbagai kalangan, baik anak muda maupun orang dewasa. 

Sebagai salah satu platform media sosial berbasis video, Tiktok berusaha untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan Tiktok Lite yang memiliki ukuran aplikasi yang lebih ringan dibandingkan Tiktok biasa.

Namun, selain lebih ringan, sebenarnya, apa saja, sih, perbedaan Tiktok Biasa dengan Tiktok Versi Lite? Kalau kamu penasaran dan ingin tahu apa bedanya, kamu bisa menyimak ulasannya dalam artikel berikut!

Perbedaan Tiktok Biasa dan Tiktok Lite

Meski keduanya merupakan media sosial yang sama, ada beberapa perbedaan di antara Tiktok biasa dan Tiktok Lite, di antaranya:

1. Ukuran penyimpanan aplikasi

Penambahan atau penyematan kata lite pada aplikasi media sosial sebenarnya bukanlah hal yang baru terjadi belakangan ini. Beberapa media sosial, seperti Facebook dan Line pun pernah mengeluarkan aplikasi versi lite.

Lite sendiri menjadi penanda bahwa aplikasi media sosial tersebut memiliki ukuran file yang lebih kecil dibandingkan aplikasi utamanya. Tiktok umumnya membutuhkan ruang penyimpanan sekitar 72 MB, sedangkan Tiktok Lite hanya memerlukan ruang penyimpanan sebesar 9.5 MB saja.

Saat dihitung bersama dengan data aplikasi dan cache pun, Tiktok Lite umumnya hanya akan menghabiskan puluhan hingga ratusan MB saja. Hal ini tentunya bermanfaat bagi pengguna gawai atau gadget yang memiliki ruang penyimpanan internal handphone cukup terbatas. Selain itu, Tiktok Lite juga dianggap dapat menghemat penggunaan daya baterai. 

2. User interface dan detail logo

Perbedaan selanjutnya antara Tiktok biasa dan Tiktok Lite terletak di user interface atau tampilan antarmukanya. Sebelumnya, perbedaan user interface yang cukup mencolok di antara keduanya adalah perbedaan lambang kotak masuk. Meski begitu, pada Tiktok Lite versi terbaru, lambang kotak masuknya kini telah sama dengan Tiktok biasa.

Meski cukup serupa, tampilan user interface pada bagian menu profil keduanya masih berbeda. Menu profil Tiktok biasa dalam versi Bahasa Inggris disebut dengan profile. Sementara itu, pada Tiktok Lite, menu ini ditulis dengan kata me.

Selain itu, perbedaan kecil lainnya terletak di ikon kedua aplikasi ini, di mana Tiktok Lite memiliki logo not musik yang lebih besar dengan tambahan aksen petir di kirinya. Sementara itu, Tiktok biasa memiliki logo not musik yang lebih kecil tanpa aksen petir.

3. Fitur di dalam aplikasi

Bukan hanya tampilan yang lebih sederhana, dengan ukuran yang lebih ringan, tentunya ada beberapa fitur Tiktok yang dipangkas atau dihilangkan dalam Tiktok Lite. Salah satunya yang cukup berbeda adalah tidak adanya fitur Tiktok Shop pada Tiktok Lite. Fitur ini hanya tersedia pada Tiktok versi biasa. 

Kamu juga tidak bisa menonton Live Video di Tiktok Lite. Selain itu, fitur-fitur Tiktok versi biasa yang lainnya, seperti digital wellbeing, live photo, react, dan duet, juga tidak bisa kamu gunakan dan tidak tersedia di dalam Tiktok Lite.

Bahkan, dalam fitur pengaturan privasi pun, kamu akan menemukan banyak perbedaan di antara keduanya. Di Tiktok biasa, kamu bisa memilih dan membatasi interaksimu dengan pengguna tertentu, sedangkan di Tiktok lite, kamu tidak bisa melakukan hal ini.

4. Durasi pengunggahan video

Bukan hanya fitur yang umum saja, kegunaan utama Tiktok untuk mengunggah video pun menjadi berbeda di dalam dua aplikasi ini. Meski pada awalnya Tiktok hanya memperbolehkan penggunanya mengunggah video berdurasi pendek, kini para pengguna sudah bisa mengunggah video dengan durasi hingga 3 menit lamanya. 

Sementara itu, jika kamu menggunakan Tiktok Lite, kamu hanya akan mendapatkan dua pilihan durasi, yaitu video berdurasi maksimal 15 detik dan 60 detik. 

Nah, itulah beberapa perbedaan utama antara Tiktok biasa dan Tiktok versi Lite. Pada dasarnya, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tiktok Lite memang jauh lebih ringan, namun fitur yang bisa kamu gunakan sangat terbatas. Begitu pula sebaliknya dengan Tiktok versi biasa.

Kamu bisa memilih salah satu di antara keduanya sesuai kebutuhan dan spesifikasi perangkat handphone yang kamu punya. Jadi, sudah bisakah kamu menentukan mau mengunduh aplikasi Tiktok yang mana?

 

Chat melalui whatsapp!
Selamat datang di Infina, kami siap membantu anda untuk memandu dan menginformasikan tentang infina.id
Ada yang bisa kami bantu?
Saya bertanya sebagai

Jasa paid promote, endorsement, influencer murah.

INFINA – Platform Pemasaran UMKM satu pintu, bersama Influencer yang melakukan paid promote dengan harga terjangkau dan layanan lainnya. Paid promote – Adalah kegiatan pemasaran menggunakan influencer untuk memperkenalkan produk UMKM. Paid promote di Infine murah dan terjangkau. Endorsement adalah kegiatan pemasaran melibatkan influencer yang akan mengulas sebuah produk dan jasa dengan harga terjangkau. Jualan Online jadi lebih dikenal dan mudah untuk meyakinkan pembeli, Paid promote dengan harga terjangkau hanya di Infina.