Mengenal Beberapa Tipe Influencer
2020-10-22T10:47:55
Mengenal Beberapa Tipe Influencer
Hidup di zaman online dengan media sosial sebagai medium interaksi dan komunikasi, mau tidak mau membuat kita pun cukup akrab dengan yang namanya influencer, selebgram, paid promote, hingga endorsement. Salah satu platform paling populer di ranah media sosial saat ini adalah Instagram. Channel favorit media sosial ini banyak menjadi tempat untuk influencer berkumpul, mulai dari influencer jenis makro dengan followers atau pengikut jutaan hingga influencer jenis mikro yang punya ribuan followers.
Berbagai nfluencer ini datang dengan spesialisasinya masing-masing sambil membawa konsep konten yang unik, kreatif, berbeda dan menarik perhatian audiens-nya. Ini juga ikut mempengaruhi tipe-tipe influencer di medium Instagram. Nah, apa saja tipe-tipe influencer Instagram yang populer saat ini? Berikut beberapa penjelasan yang mungkin bisa menjadi acuan untuk creativepreneur seperti Anda.
1. Influencer Tipe Selebgram
Tentu yang tipe ini datang dari kalangan selebritas atau orang yang memang digadang sebagai artis. Biasanya tidak ada kriteria konten yang mereka hasilkan, potret kehidupan mereka sehari-hari telah menjadi konten tersendiri. Jadi kontennya bisa bebas karena umumnya orang lebih melihat sosok mereka daripada konten yang mereka hasilkan. Biasanya juga konten yang mereka hasilkan walaupun biasa-biasa saja bisa viral, misalnya pergi ngedate, jalan-jalan, atau bila sedang endorsed sesuatu. Kita bisa melihat interaksi yang kuat antara selebritas atau selebgram dari kolom komentarnya yang selalu penuh.
2. Spesialisasi Kecantikan atau Olah Tubuh
Biasanya konten yang dibagikan oleh influencer tipe ini adalah tentang tips, tutorial, hingga review terhadap suatu produk atau jasa kepada para audiensnya (dalam hal ini biasanya followers). Menariknya, para influencer di bidang ini biasanya punya kekuatan konten yang rapi dan menarik serta terkonsep. Selain bidang kecantikan, ada juga influencer tipe sejenis yang mengkhususkan diri pada olah tubuh atau dunia kebugaran. Biasanya yang dibagikan juga seputar tips, produk review hingga testimonial berada di sebuah lokasi kebugaran.
3. Influencer Konten Kreator
Jenis influencer ini lebih mengutamakan konsep sebagai hal utama dalam setiap postingan di media sosialnya, bukan cuma tentang laporan kehidupan mereka sehari-hari yang receh. Bisa dibilang apa yang dihasilkan oleh konten kreator ini lah punya nilai seni atau otentik tinggi. Kreativitas menjadi kunci utama influencer jenis ini. Apa pun bisa menjadi sumber utama konten mereka, mulai dari video, series, hingga step by step sebuah unboxing produk. Menariknya, mereka tidak hanya bermain di medium Instagram saja tapi juga merambah ke Twitter, Facebook hingga Tik Tok yang sedang tren. Bisa jadi apa yang mereka bagikan di kemudian hari menjadi viral dan populer di masyarakat.
4. Influencer Penghibur
Jenis influencer ini adalah seorang penghibur sejati yang sangat suka membuat kelucuan dalam konten-kontennya. Mereka menyajikan konten lewat pendekatan humoris dan menghibur. Cara ini diyakini bisa membuat hal-hal serius jadi gampang diingat, terutama buat pengusaha atau creativepreneur yang memang sangat ingin berjualan tapi caranya halus.
Biasanya hubungan atau engagement dengan tipikal influencer seperti ini dengan para pengikutnya cukup erat karena tidak ada jarak dengan para followersnya.
Nah, sekarang sobat INFINA udah nggak pusing lagi dalam memilih jenis-jenis influencer yang bermain di dunia media sosial kan?








































Jasa Paid promote, Endorsement, dan Micro Influencer Indonesia Harga Murah
INFINA – Platform Pemasaran UKM satu pintu, bersama Influencer yang melakukan paid promote dengan harga terjangkau
Paid promote – Adalah kegiatan pemasaran menggunakan influencer untuk memperkenalkan produk UKM. Paid promote
Endorsement adalah kegiatan pemasaran melibatkan influencer yang akan mengulas sebuah produk dan jasa dengan
Jualan Online jadi lebih dikenal dan mudah untuk meyakinkan pembeli dengan