Tak Perlu Bingung, Ini Waktu yang Tepat untuk Update Konten di Sosial Media

November 15, 2022

 

Kamu memang bisa mengunggah konten di sosial media kapan saja sesuai keinginanmu. Namun, jika kamu ingin kontenmu mendapatkan engagement tinggi, kamu juga perlu mengetahui kapan waktu terbaik untuk meng-update kontenmu di sosial media.

Terlebih, bila kamu adalah seseorang yang ingin mencoba peruntungan untuk menjadi influencer dan memperoleh pundi-pundi uang dari sosial media. Memahami prime time sosial media bisa menjadi salah satu jurus jitu bagimu untuk lebih cepat dikenal dan diingat oleh followers-mu.

Lalu, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk update konten di sosial media? Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui jawabannya!

Waktu yang Tepat untuk Update Konten di Sosial Media

Berikut ini adalah waktu terbaik untuk meng-upload konten di beberapa sosial media:

  1. Waktu terbaik update konten di Instagram

Instagram merupakan salah satu sosial media dengan pengguna terbanyak. Bahkan, para pelaku bisnis pun banyak yang memilih Instagram sebagai platform utama untuk mempromosikan produknya.

Nah, menurut beberapa penelitian, ada jam-jam tertentu yang dinilai sebagai waktu terbaik untuk mengunggah konten di Instagram, di antaranya:

  • Pada hari kerja pukul 11.00 - 13.00  saat  jam makan siang dan pukul 19.00 - 21.00 saat jam istirahat setelah beraktivitas
  • Hari Kamis dan Selasa pukul 14.00 - 15.00 saat orang-orang mengalami rasa kantuk setelah tengah hari
  • Pada hari libur, yaitu Sabtu dan Minggu, mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore

Selain itu, beberapa pihak juga berpendapat bahwa engagement tertinggi di Instagram terdapat pada hari Rabu. 

1. Waktu terbaik update konten di Tiktok

Dengan video sebagai media utamanya, kebanyakan pengguna akan membuka Tiktok saat memiliki waktu yang cukup senggang. Bila kamu ingin mengunggah video pada hari Senin, cobalah untuk unggah saat jam makan siang.

Sementara itu, pada hari Rabu dan Kamis, kebanyakan orang cenderung mulai merasa lelah akan aktivitas, sehingga semakin sering membuka sosial media. Kamu bisa mencoba mengunggah video Tiktok di jam makan siang, sore hari, dan jam istirahat malam, pukul 19.00 - 21.00. Untuk weekend, kamu bisa lebih bebas mengunggah konten sesuai jam yang kamu mau.

2. Waktu terbaik update konten di Twitter

Tak sedikit brand besar yang kini mengandalkan Twitter sebagai platform marketing-nya. Contoh saja Wendy’s dan Snickers yang cukup aktif memasarkan produknya dengan sering berinteraksi bersama pengguna Twitter.

Prime time Twitter pun terbilang cukup panjang. Di pagi hari, waktu terbaik untuk mengunggah konten di Twitter adalah pukul 7 - 9 pagi, sebelum orang-orang membuka sosial media lainnya. Sementara itu, di malam hari, banyak pengguna Twitter akan membuka aplikasi ini setelah selesai membuka aplikasi lain, yaitu pukul 8 - 11 malam.

3. Waktu terbaik update konten di Youtube

Prime time Youtube dinilai sedikit berbeda dengan sosial media lainnya, karena Youtube mengandalkan video dengan durasi panjang sebagai media utamanya. 

 Selama hari kerja, jam terbaik untuk mengunggah konten di Youtube justru berada pada pukul 12.00 - 16.00 sore. Sementara itu, pada hari Sabtu dan Minggu, aktivitas pengguna Youtube akan meningkat pesat. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba mengunggah konten di hari Kamis atau Jumat agar bisa ditonton lebih banyak orang di hari Sabtu dan Minggu.

4. Waktu terbaik update konten di Facebook

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penguna Facebook cenderung menghabiskan waktu di Facebook pada pertengahan minggu, yaitu hari Rabu, dari pagi hingga sore hari. Hal ini karena di hari Rabu, banyak orang mulai merasa lelah dengan rutinitas kerja, sehingga sering mencari hiburan melalui sosial media. 

Selain itu, sama seperti kebanyakan sosial media lainnya, mengunggah konten di Facebook pada hari libur dinilai cukup baik dan bisa meningkatkan engagement pada kontenmu

5. Waktu terbaik update konten di Linkedin

Linkedin adalah salah satu platfom untuk mencari info dan berbagi pengalaman pekerjaan. Sebab itu, platform yang satu ini memiliki prime time yang cukup berbeda dengan sosial media lainnya yang lebih sering digunakan untuk mencari hiburan. 

Pada hari kerja, jam 10-11 pagi, dianggap sebagai waktu terbaik untuk mengunggah konten di Linkedin. Sementara itu, weekend merupakan waktu terburuk untuk meng-update konten di Linkedin.

Nah, itulah beberapa waktu yang dinilai tepat untuk update konten di sosial media. Kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi waktu di atas hingga menemukan waktu yang paling cocok untuk mengunggah kontenmu. 

Meski begitu, kamu tidak boleh lupa tingginya engagement konten tidak hanya dipengaruhi oleh jam upload saja. Kamu tetap harus mengutamakan kualitas dan kreativitas konten yang kamu unggah, ya!

Chat melalui whatsapp!
Selamat datang di Infina, kami siap membantu anda untuk memandu dan menginformasikan tentang infina.id
Ada yang bisa kami bantu?
Saya bertanya sebagai

Jasa influencer, Paid Promote, Endorsement Murah untuk UKM/UMKM

INFINA adalah platform pemasaran satu pintu bagi pebisnis UKM atau UMKM online yang ingin melakukan pemasaran melalui jasa influencer, paid promote, endorsement, hingga affiliate marketing dan juga jasa live streaming dengan harga terjangkau.

Paid promote adalah kegiatan pemasaran menggunakan jasa influencer untuk memperkenalkan produk UMKM. Endorsement adalah kegiatan pemasaran melibatkan influencer yang akan mengulas sebuah produk dan jasa dengan harga terjangkau. Sementara affiliate marketing adalah di mana seorang afiliator atau influencer mempromosikan produk atau layanan bisnis melalui tautan afiliasi melalui social media.

INFINA juga saat ini sedang mempersiapkan INFINA 4.0 yang akan merangkul secara penuh affiliate marketing yang akan menggunakan LIVE Streaming sebagai salah satu variabel penting dalam pergerakannya.