Bergabung bersama kami dan maju bersama INFINA!

apps
arrow_forward
© 2020 by Infina. All Right Reserved

Tips Memilih Influencer Yang Tepat Sasaran Untuk Brand

2022-01-16T09:35:35

Cara pilih influencer yang tepat untuk promosi brand produk adalah hal yang penting sekali untuk diketahui. Apalagi pada era sekarang ini, pemakaian jasa influencer menjadi strategi pemasaran yang memang masih dikatakan cukup efektif. Apalagi bagi Anda yang ingin lebarkan bisnis, sehingga semakin dikenal orang banyak. Memakai bantuan influencer adalah satu pilihan tepat. Influencer itu sendiri adalah sebutan bagi orang yang miliki audiens atau pengikut cukup banyak di media sosial. 

Tak hanya itu, influencer pun mempunyai pengaruh kuat pada pengikut atau followers mereka. Sehingga tiap gerak-gerik dari mereka selalu dapat menarik perhatian audiens, bahkan dapat saja pengaruhi audiens untuk mengikuti mereka. Contohnya saja, sejumlah influencer seperti artis, youtuber, blogger, seleb Tik-Tok, selebgram, dan lain sebagainya. Biasanya influencer tersebut dipilih sesuai dengan popularitas, keahlian, serta reputasi di media sosial. 

Dikarenakan strategi pemasaran dengan memakai jasa influencer ini dinilai punya pengaruh signifikan, pastikan untuk Anda tak salah dalam memilihnya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memilih influencer secara tepat untuk promosikan usaha Anda. Berikut sejumlah cara yang bisa Anda terapkan.  

 

Apa Itu Influencer?

Sebelum beranjak mengetahui cara memilih influencer, sebaiknya mengetahui dahulu definisi influencer. Secara sederhana, influencer merupakan seorang yang dapat berikan pengaruh terhadap masyarakat. Influencer dapat merupakan blogger, selebritis, youtuber, maupun publik figur yang dianggap penting pada komunitas yang tertentu. 

Biasanya, influencer mempunyai banyak pengikut atau followers pada sosial media. Namun, seseorang yang pengikut ribuan pun dapat disebut juga sebagai influencer apabila memiliki pengaruh yang besar pada audiens. 

Sesuai dengan namanya, kekuatan terbesar yang dimiliki seorang influencer adalah kemampuannya mempengaruhi orang lain. Mereka dapat jadi trend setter untuk skala yang besar maupun kecil. Maka dari itu, banyak pelaku bisnis yang menggandeng dan menggunakan jasa influencer untuk promosikan produk atau jasa karena pengaruhnya yang besar dan luar biasa tersebut. 

Menggunakan jasa influencer tentunya bukan tanpa keuntungan atau manfaat yang bisa didapatkan. Pastinya, ada sejumlah manfaat dari menggandeng dan menggunakan influencer untuk bisnis. Beberapa manfaat dari memakai influencer seperti membuat produk atau jasa menjadi pusat perhatian orang-orang, membuat konsumen lebih percaya pada jasa dan produk yang ditawarkan, mendongkrak penjualan produk, jangkau konsumen yang lebih banyak, dan balik modal yang cenderung lebih mudah. 
 

Cara Memilih Influencer untuk Bisnis

 

1. Mempunyai Audiens yang Cocok dengan Target Pasar Produk atau Jasa Anda

Memperhatikan followers atau audiens dari seorang influencer pun jadi salah satu cara dalam memilih influencer tepat untuk promosikan jasa atau produk bisnis Anda. Followers dari influencer tersebut yang akan jadi target pasar Anda. Untuk itu, Anda perlu untuk benar-benar perhatikan secara teliti karakteristik followers atau audiens dari influencer tersebut. Mengetahui karakteristrik followers yang Anda miliki bisa menentukan apakah influencer tersebut sesuai untuk mendukung bisnis Anda. 

Pastikan untuk Anda memilih influencer yang punya pengikut sesuai target pasar Anda. Dengan target pasar, Anda bisa tahu kelompok konsumen bisnis, sehingga Anda pun bisa mengetahui langkah promosi produk atau jasa secara tepat sasaran. Misalnya apabila Anda punya bisnis skincare, make up, alat-alat kecantikan, dan lain hal yang sejenis, maka influencer seperti Rachel Goddard, Tasya Farasya, dan Suhay Salim adalah pilihan tepat. Itu karena pada segi pengikut para influencer tersebut didominasi oleh perempuan yang mempunyai minat tinggi pada kecantikan. Jadi, konten-koten yang disuguhkan oleh mereka pun seputar kecantikan. 

 

2. Mempunyai Persentase Engagement Tinggi

Cara pilih influencer tepat untuk bisnis selanjutnya adalah dengan perhatikan angka engagement rate di akun media sosial mereka. Pada dasarnya sekarang, media sosial adalah media umum dipakai oleh hampir semua orang. Oleh sebab itu, para influencer memanfaatkannya menjadi tempat untuk mereka melakukan interaksi dengan audiens. Walaupun begitu, tak semua influencer punya pengikut yang banyak, mempunyai engagement yang tinggi.  

Padahal engagement ini penting sekali, Anda dapat perhatikan perbandingan jumlah likes, komen, serta share di tiap postingan mereka. selain itu, Anda pun dapat secara langsung menghubungi influencer. Untuk itu, mintalah rekapan engagement akun media sosial influencer. Jika engagement akun media sosial milik influencer lumayan tinggi, maka Anda bisa untuk memakai jasa mereka. 

 

3. Punya Reputasi yang Baik

Untuk memilih influencer tepat bagi promosi bisnis berikutnya adalah memperhatikan reputasi dari influencer. Reputasi influencer pastinya bisa berikan pengaruh pada tingkat kepercayaan dari audiens atau pengikut mereka. Pastikan untuk pilih influencer yang punya reputasi baik. Itu karena, dengan siapa saja Anda bekerja sama, apabila partner punta reputasi baik, maka lebih aman rasanya.  

Selain itu, influencer yang punya reputasi baik pun akan punya personal branding yang terjaga. Hal ini akan buat bisnis Anda memiliki branding yang juga baik. Namun, Anda perlu untuk hati-hati, karena sekarang ada banyak influencer populer dikarenakan sensasi yang negatif. Influencer yang seperti itu perlu untuk dihindari karena bisa membuat nilai bisnis menjadi menurun. 

 

4. Mencari Influencer di Platform Infina

Sekarang ini zaman memang sudah maju, teknologi dan internet pun semakin berkembang secara pesat. Hal itu memberikan dampak yang baik dalam mencari berbagai informasi yang dibutuhkan. Seperti contohnya di sini, Anda mungkin saat ini tengah mencari influencer yang tepat untuk promosikan bisnis. Namun, karena saking banyaknya influencer saat ini membuat Anda menjadi bingung memilih mana yang terbaik. 

Dengan kemajuan teknologi dan internet inilah yang memudahkan Anda dalam mendapatkan influencer terbaik. Pasalnya, sekarang ini sudah tersedia platform yang memudahkan dalam mencari influencer paling tepat untuk promosikan bisnis Anda. Salah satu platform tersebut yang terbaik adalah Infina. Jadi, Anda bisa dapatkan influencer yang sesuai kriteria dengan cepat dan tepat. 

Berita Lainnya
7 Tips Agar Postingan Kamu Masuk Explore Page Instagram 2022-05-27T10:55:45
STARTER PACK INFLUENCER 2022-03-28T11:35:19
STARTER PACK UMKM 2022-03-18T15:02:10
IDE KONTEN SOSIAL MEDIA UNTUK PAID PROMOTE 2022-03-14T14:12:20
JANGAN LEWATKAN HAL INI SEBAGAI INFLUENCER 2022-03-11T10:53:34
5 CARA MUDAH MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE 2022-03-07T10:58:54
SKILL DASAR YANG PERLU KAMU KETAHUI SEBAGAI INFLUENCER 2022-03-04T10:43:25
PENTINGNYA TEKNIK BERJUALAN ONLINE UNTUK BISNIS MU 2022-02-28T18:45:18
YUK KETAHUI BERBAGAI KATEGORI INFLUENCER DI INDONESIA 2022-02-21T15:52:30
Tips Strategi Instagram Marketing 2022 2022-02-15T12:20:08
Tips Menggunakan Kata Persuasif untuk Promosi Bisnis 2022-02-15T12:00:09
Perbedaan Selebgram, Paid Promote, Endorse dan Influencer 2022-01-16T10:35:54
Tips Memilih Influencer Yang Tepat Sasaran Untuk Brand 2022-01-16T09:35:35
Ketahui Perbedaan Paid Promote dan Endorsement untuk Bisnis Anda 2021-12-30T16:42:33
APA ITU PAID PROMOTE? 2021-12-30T16:25:43
PPKM - Pekan Pelaku UMKM #MakinCakapDigital 2021-08-27T17:05:10
BELI MINFINA100 GRATIS FOTO PRODUK 2021-05-09T20:53:04
MINFINA ENDORSE, PAKET ENDORSE TERBARU INFINA 2021-04-10T12:54:44
Pricelist MINFINA 2021-01-01T15:16:55
Mengenal Minfina dan Starter Pack UKM 2020-10-29T13:59:46
Pentingnya Influencer marketing Buat Bisnismu 2020-10-28T20:00:56
Kenalan Sama VRIFEST INFINA Yuk! 2020-10-27T20:00:45
DAPATKAN PAID PROMOTE GRATIS DARI INFINA! - UKMINFINAChallenge 2020-10-26T10:47:23
Panduan Menggunakan Influencer Marketing/Paid Promote 2020-10-25T10:47:33
Serunya Oktober Fest Bareng INFINA! 2020-10-24T10:47:41
Bikin Konten Bagus Saja Nggak Cukup! 2020-10-23T10:47:48
Mengenal Beberapa Tipe Influencer 2020-10-22T10:47:55
Bincang Nahkoda: Mengapa Infina? mengapa Influencer dan UKM? 2020-10-21T10:48:03
Bagaimana Bisnis Bisa Bertahan Di Masa Pandemi? 2020-10-20T10:48:08
Pemerintah Luncurkan UKM Go Online 2020-10-19T10:48:14
Istilah Promosi dengan Influencer Marketing 2020-10-18T10:48:19
Sehatkah struktur UMKM Indonesia 2020-10-17T10:48:24
DAPAT UANG JAJAN TAMBAHAN DARI INTERNET? KENAPA TIDAK? 2020-10-16T10:48:30
INFINA VRIFEST - INFINA VIRTUAL REALITY FESTIVAL 2020-10-15T10:48:36
DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP 2020-10-14T10:48:42
Cerita Tentang UKM Indonesia 2020-10-13T10:48:47
Apa Saja Kriteria Usaha Kecil Menengah? 2020-10-12T10:48:52
Apa Saja Bidang Usaha UMKM? 2020-10-11T10:48:58
Bangkit Bersama INFINA, Untuk UKM Indonesia Berjaya Di Rumah Sendiri 2020-10-10T10:49:03
Ingin Jadi Influencer Sukses? Kenali Dulu Influencer Marketing dan Ikuti Tipsnya 2020-10-09T10:49:09

Jasa Paid promote, Endorsement, dan Micro Influencer Indonesia Harga Murah

INFINA – Platform Pemasaran UKM satu pintu, bersama Influencer yang melakukan paid promote dengan harga terjangkau

Paid promote – Adalah kegiatan pemasaran menggunakan influencer untuk memperkenalkan produk UKM. Paid promote

Endorsement adalah kegiatan pemasaran melibatkan influencer yang akan mengulas sebuah produk dan jasa dengan

Jualan Online jadi lebih dikenal dan mudah untuk meyakinkan pembeli dengan

Chat melalui WhatsApp! ×
Selamat datang di Infina, kami siap membantu anda untuk memandu dan menginformasikan tentang infina.id, hal apa yang bisa kami bantu?