Tips Sukses Meningkatkan Engagement di Sosial Media
Sep 18
3 min read
0
1
0
Pernahkah kamu mendengar istilah engagement? Kata ini kian santer terdengar seiring dengan semakin berkembangnya teknik pemasaran digital. Terlebih di platform media sosial, seperti Instagram, Twitter, maupun Tiktok.
Secara sederhana, engagement berarti komunikasi dua arah. Sementara itu, dalam dunia digital, engagement menjadi sebuah tolok ukur yang digunakan untuk melihat tingkat keterlibatan audiens pada konten di platform media sosial.
Tergantung media sosialnya, engagement dapat dilihat dari berbagai jenis keterlibatan misalnya jumlah likes dan share di Youtube serta jumlah love dan retweet di twitter.
Sebagai indikator keterlibatan audiens, engagement pun memiliki peran penting dalam mengevaluasi strategi pemasaran secara digital. Bila engagement rendah, kamu akan kesulitan menarik minat publik dan menghasilkan keuntungan.
Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan engagement di media sosial? Yuk, cari tahu tipsnya dalam artikel berikut!
Tips Meningkatkan Engagement di Sosial Media
Secara umum, kunci untuk meningkatkan engagement di sosial media adalah dengan membangun interaksi yang baik dengan audiens. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:
Mengunggah konten secara rutin
Agar semakin banyak orang yang melirik akunmu, kamu disarankan mengunggah konten secara rutin. Meski demikian, jangan asal unggah, ya. Pastikan konten yang kamu buat menarik, sehingga audiens akan lebih terdorong untuk meninggalkan jejak engagement, seperti likes, shares, dan komentar.
Bila bingung, coba cari tahu apa saja jenis konten yang sedang populer. Kemudian, sesuaikan dengan gaya dan target audiensmu agar engagement semakin tinggi.
Memperhatikan waktu posting
Saat ingin mengunggah konten di platform media sosial, kamu disarankan memperhatikan waktu unggahnya. Sebab, di setiap platform, ada waktu-waktu tertentu yang dianggap dapat menghasilkan engagement rate tertinggi.
Sebagai contoh, waktu terbaik untuk mengunggah konten di Instagram saat hari kerja adalah jam makan siang, yaitu 11.00 - 13.00 dan jam istirahat pukul 19.00 - 21.00. Waktu ini dinilai bagus, karena pada jam tersebut, ada banyak orang yang beristirahat dan meluangkan waktu untuk membuka Instagram.
Menggunakan visual konten yang menarik
Ide konten yang bagus tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal bila tidak disertai dengan visual yang bagus pula. Oleh karena itu, agar kontenmu semakin banyak dilirik, gunakanlah visual yang menarik.
Perhatikan juga kualitas visual kontennya. Jangan sampai kualitasnya rendah, atau bahkan gambar dan videonya menjadi blur. Terakhir, sebagai pelengkap visual, buatlah caption semenarik mungkin agar audiens semakin betah melihat kontenmu.
Menggunakan fitur di sosial media dengan maksimal
Setiap platform biasanya memiliki fitur-fitur tertentu yang dapat kamu gunakan. Sebagai contoh, di Instagram terdapat reels, sementara di Tiktok ada stitch, dan di Twitter ada space..
Kamu bisa menggunakan fitur-fitur ini untuk menuangkan ide lebih jauh mengenai konten promosi produk atau jasamu. Dengan begitu, konten akan semakin bervariasi, sehingga audiens tetap semangat untuk engage dan tidak mudah bosan.
Membangun komunikasi dua arah
Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan engagement adalah dengan membangun komunikasi dua arah. Mulailah membalas komentar atau direct messages yang dikirimkan oleh followers-mu
Selain itu, kamu juga bisa membangun komunikasi dua arah dengan memanfaatkan fitur di media sosial, misalnya fitur QnA di Instagram Story. Ajaklah followers untuk semakin aktif berinteraksi dengan akunmu.
Seiring waktu, hal ini akan membuat followers merasa dekat denganmu. Nantinya, akunmu pun dapat dikenal semakin luas hingga followers-mu bertambah.
Mencari tahu strategi paling tepat
Bila kamu sudah mencoba beberapa cara di atas, namun belum membuahkan engagement yang memuaskan, coba cari tahu kembali strategi yang paling tepat untuk pemasaranmu.
Sebagai contoh, evaluasi kembali apakah konten yang disajikan sudah cocok dengan target audiens atau belum. Jangan ragu mencoba strategi baru, karena pada dasarnya tidak ada strategi khusus yang wajib diterapkan.
Setiap jenis bisnis memiliki strategi pemasarannya masing-masing. Sebab itu, dengan mencari tahu, mengevaluasi, dan memperbaiki strategi, kamu nantinya bisa menemukan metode terbaik untuk membangun interaksi dengan audiens sesuai bisnismu sendiri.
Selain itu, untuk meningkatkan engagement kamu juga bisa mempromosikan produkmu melalui kerja sama dengan influencers.
Nantinya, bila tertarik, followers influencer tersebut akan mencari tahu tentang produkmu, salah satunya dengan mengunjungi profil akun media sosial bisnismu. Dengan begitu, engagement rate pun meningkat, terlebih bila followers influencers mulai mengikutimu akunmu, hingga bahkan meninggalkan likes dan komentar.
Namun, bila kamu masih bingung mencari influencer yang tepat untuk mempromosikan produkmu, cobalah gunakan platform INFINA. Di INFINA kamu dapat terhubung dengan banyak influencer dari berbagai bidang. Yuk, daftarkan bisnis kamu di sini dan temukan influencer yang paling cocok untuk usahamu dengan harga terjangkau di INFINA!