Top 10 Micro Influencer di Indonesia untuk UMKM
Sep 18
3 min read
0
218
0
UMKM adalah usaha menengah ke bawah dengan penghasilan tahunan yang relatif kecil. Selain kendala operasional, branding yang dilakukan UMKM juga biasanya masih kurang maksimal. Sehingga, bisa dilihat bahwa mayoritas konsumen yang dimiliki berasal dari lingkungan yang itu-itu saja. Padahal, banyak cara bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis di era digital ini. Salah satunya adalah dengan jasa micro influencer.
Melalui influencer, brand awareness akan meningkat dan potensi pasarnya menjadi luas. Oleh karena itu, Anda disarankan bekerja sama dengan influencer untuk mengembangkan UMKM. Nah kali ini, kita akan merekomendasikan 10 micro influencer di Indonesia untuk UMKM.
Rekomendasi 10 Micro Influencer untuk UMKM
Candyelina_
Wanita asal malang ini memiliki followers sebanyak 30.1k orang. Konten instagramnya banyak diisi produk-produk kecantikan, fashion, serta food & beverage. Jadi bagi yang membutuhkan konten tersebut bisa menghubungi akun Candyelina_.
Haddad Adjie
Influencer ini menggeluti bidang gadget dan teknologi. Akun media sosialnya diisi oleh review gadet atau barang teknologi yang sedang viral.
Alinka Putri
Gadis cantik berhijab ini memiliki interest di bidang beauty & fashion. Dengan wajahnya yang ayu, Anda yang memiliki produk kecantikan bisa bekerjasama dengan influencer ini. Selain itu, Alinka pun bisa meng-endrose produk-produk fashion.
Enny Rohani
Fashion adalah kategori dengan peminat yang sangat banyak. Nah, influencer yang satu ini berbakat di bidang fashion dan style. Konten Instagramnya berisi foto dengan outfit out of the day yang menarik perhatian. Selain itu, influencer ini pun punya ketertarikan dalam hal traveling.
Dwi Atika Nova
Ibu satu anak ini banyak membuat konten seputar parenting & family Bersama anaknya. Selain itu, kategori lainnya seperti lifestyle, food & baverage, beauty & fashion juga mengisi konten media sosial instagramnya.
Ana Livina
Ana livina memiliki 26 ribu pengikut di akun Indtagramnya. Selain sebagai musisi, ia pun kerap berbagi info seputar family & parenting, lifestyle serta food & beverage.
Desliyani Natalia
Micro influencer di Indonesia untuk UMKM lainnya adalah Desliyani Natalia. Wanita asal lampung ini menarih interest untuk food & bevarege. Banyak kontennya di Instagram mengulas produk-produk makanan untuk UMKM. Dengan followers sebanyak 23 ribu, influencer ini bisa menjadi alternative untuk endorsement.
Gie (Struggletravel)
Influencer ini diikuti oleh lebih dari 35 ribu orang di Instagram. Kontennya berkaitan denngan fotografi, lifestyle, traveling hingga food & beverage. Kontennya yang estetik banyak menarik produk untuk menggunakan jasa pria asal Jakarta ini.
Feni Kania
Mojang asal Bandung ini memiliki ketertarikan di bidang fashion, lifestyle, beauty dan juga traveling. Parasnya yang ayu membuat Feni diikuti oleh 16 ribu orang di Instagram. Selain kategori tersebut, influencer ini kerap mempromosikan produk-produk makanan.
Khairina Diar
Influencer ini mengisi kolom Instagramnya dengan foto-foto outfit out of the day. Gayanya yang estetik didukung paras oriental khas asia membuat gadis ini banyak di-endorse untuk produk kecantikan dan juga fashion.
Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Micro Influencer 🡪 note utk publisher : berikan hyperlink ke halaman artikel terkait
Tips Memilih Influencer untuk UMKM
Kebutuhan Influencer untuk promosi semakin meningkat di era digital. Kini orang lebih melek digital dan menggunakan internet dalam menjalani kehidupan. Bahkan, data menunjukkan bahwa lebih dari setengah masyarakat Indonesia telah menggunakan platform media sosial. Karena pertimbangan ini, akhirnya banyak brand yang mempercayakan strategi promosi melalui iklan di media sosial.
Namun, dalam memilih influencer ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan sosok dan target promosi yang diinginkan. Berikut kami berikan penjelasannya:
Sesuaikan dengan Kategori UMKM
Pertama, pilihlah influencer sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Contoh, jika menjalankan bisnis fashion maka pilihlah influencer dengan penampilan fashion yang “menjual”. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan sehingga sangat potensial terhadap pasar.
Pastikan Tidak Menggunakan Followers Palsu
Penggunaan followers palsu sering digunakan beberapa influencer. Anda tentu tak mau mengiklankan produk di akun sosmed yang berisikan bot. Oleh karena itu, selain melihat jumlah follower Anda wajib memperhatikan interaksinya. Indikator interaksi yang baik bisa dilihat dari keaktifan followers dalam memberikan like, comment, atau pun share.
Jangan Melebihi Kemampuan Finansial
Terakhir, pastikan memakai jasa influencer yang sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan sampai biaya promosi melebihi target pendapatan yang diinginkan. Pilihliah micro influencer yang dengan tarif harga yang sesuai.
Cara Kerja Sama dengan Micro Influencer
Kendala bekerja sama dengan micro influencer adalah sulit menemukan kandidat yang cocok. Selain sosoknya yang tidak terlalu terkenal, kategori yang influencer tersebut pun belum tentu sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk menggunakan jasa pihak ketiga seperti Infina.
Infina adalah platform satu pintu tempat bertemunya UMKM dan Influencer. Di sini, keduanya bisa menjalin kerja sama untuk promosi yang efektif dan efisien. Melalui Infina, Anda tak perlu bingung mencari micro influencer indonesia yang pas untuk bisnis Anda. Sebab, Infina memiliki jaringan influencer luas dari berbagai kategori seperti makanan, beauty & fashion, hiburan, teknologi, dan lain-lain. Yang terpenting, Infina menawarkan jasa influencer terjangkau mulai dari Rp15.000 saja. Dengan tarif sebesar ini, UMKM bisa mengembangkan bisnis mereka ke target pasar yang lebih luas.
Itulah Penjelasan tentang 10 micro influencer di Indonesia untuk UMKM, semoga bermanfaat.