Trik Melakukan Live Streaming Agar Mendapatkan Banyak Penonton

July 04, 2023

Di era digital seperti sekarang ini, para pebisnis banyak yang mengandalkan internet untuk mempromosikan usaha mereka. Salah satu yang sedang trend dalam memasarkan produk yaitu melalui live streaming, karena dapat diakses dengan mudah dan mampu menjangkau banyak audiens. Supaya mendapat banyak penonton dan menarik minat mereka untuk berbelanja, yuk simak trik melakukan live streaming yang tepat.

Tips Melakukan Live Streaming

1. Persiapkan Peralatan Live Streaming

Untuk mendapatkan banyak penonton, anda perlu memperhatikan kualitas video saat melakukan live streaming. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan peralatan live streaming. Peralatan yang dibutuhkan sebenarnya tidak banyak, cukup dengan smartphone, tripod, dan mikrofon, anda sudah bisa melakukan live streaming dengan kualitas oke.

Anda bisa menggunakan mikrofon lapel yang dapat dipasang di baju, atau mikrofon directional seperti yang biasa dipakai oleh presenter. Selain itu, jangan lupa persiapkan tempat dengan pencahayaan yang cukup untuk melakukan live streaming. Perhatikan pula backgroundnya supaya produk yang dipromosikan terlihat lebih memukau. Jika perlu, anda bahkan dapat memakai ring light guna meningkatkan kualitas gambar.

2. Pemilihan Platform

Trik melakukan live streaming agar mendapat banyak penonton berikutnya yaitu terkait pemilihan platform. Dimana saat ini sudah ada banyak sosial media yang menyediakan fitur live streaming. Seperti YouTube Live, TikTok Live, Instagram Live, Facebook Live, atau bahkan Shopee Live.

Masing masing platform tentu memiliki keunggulannya sendiri. Misal YouTube Live yang fiturnya tidak mempunyai batasan waktu, sehingga anda bisa bebas menggunakannya selama mungkin. Sementara Instagram Live memiliki fitur yang mampu memberikan notifikasi kepada para pengguna saat akun anda akan melakukan siaran langsung. 

3. Siapkan Tema atau Topik

Supaya penonton betah melihat live streaming anda, maka anda perlu menyiapkan tema atau topik yang menarik. Dengan begitu, maka para penonton pun akan merasa lebih nyaman dan lebih menikmati saat menyaksikannya. Selain itu, konten anda juga dapat terjadi dengan apik tanpa adanya kesalahan.

4. Membuat Poin Pembicaraan

Setelah menyiapkan tema atau topik, trik melakukan live streaming selanjutnya yaitu dikembangkan dengan membuat poin poin pembicaraan. Jadi ketika siaran langsung sudah dimulai, maka anda tidak akan kebingungan bagaimana memulai pembahasan mengenai topik yang telah ditentukan sebelumnya.

5. Hadirkan Interaksi dengan Audiens

Selama membahas topik dengan poin poin pembicaraan yang sudah dibuat sebelumnya, sesekali anda perlu menghadirkan interaksi dengan audiens. Karena tujuan dari live streaming dilakukan adalah untuk meningkatkan awareness dan interaksi dengan masyarakat luas. Jadi sangat penting untuk menghadirkan interaksi selama siaran langsung, entah itu audiens diajak berbincang atau sekadar bertanya kabar.

6. Lakukan Live Streaming dengan Konsisten

Terakhir, anda perlu secara konsisten melakukan live streaming untuk meningkatkan brand awareness. Supaya bisnis atau produk anda semakin diingat oleh target konsumen, umumnya live streaming dapat dilakukan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Format yang digunakan selama siaran langsung juga sebaiknya tetap konsisten.

Tujuannya yaitu untuk memudahkan audiens dalam meningkat brand anda. Tentunya anda pun perlu selalu berinteraksi dengan penonton supaya komunikasi dua arah dapat terus terjalin. Trik melakukan live streaming secara konsisten ini akan membuat siaran langsung yang anda lakukan menjadi ditunggu tunggu oleh audiens.

Live streaming menjadi fitur yang bermanfaat sangat signifikan dalam konteks bisnis, sehingga anda perlu memanfaatkannya sebaik mungkin. Untuk mendapatkan banyak penonton dan meningkatkan brand awareness, anda bisa menggunakan jasa live streaming INFINA. INFINA dapat membantu anda melakukan siaran langsung secara interaktif di berbagai platform, seperti TikTok, YouTube, Instagram, dan lainnya.

 

Chat melalui whatsapp!
Selamat datang di Infina, kami siap membantu anda untuk memandu dan menginformasikan tentang infina.id
Ada yang bisa kami bantu?
Saya bertanya sebagai

Jasa influencer, Paid Promote, Endorsement Murah untuk UKM/UMKM

INFINA adalah platform pemasaran satu pintu bagi pebisnis UKM atau UMKM online yang ingin melakukan pemasaran melalui jasa influencer, paid promote, endorsement, hingga affiliate marketing dan juga jasa live streaming dengan harga terjangkau.

Paid promote adalah kegiatan pemasaran menggunakan jasa influencer untuk memperkenalkan produk UMKM. Endorsement adalah kegiatan pemasaran melibatkan influencer yang akan mengulas sebuah produk dan jasa dengan harga terjangkau. Sementara affiliate marketing adalah di mana seorang afiliator atau influencer mempromosikan produk atau layanan bisnis melalui tautan afiliasi melalui social media.

INFINA juga saat ini sedang mempersiapkan INFINA 4.0 yang akan merangkul secara penuh affiliate marketing yang akan menggunakan LIVE Streaming sebagai salah satu variabel penting dalam pergerakannya.