YUK KETAHUI BERBAGAI KATEGORI INFLUENCER DI INDONESIA
2022-02-21T15:52:30
Kamu tau gak sih kenapa sebuah brand kerap bekerja sama dengan para Influencer? Nah, salah satunya agar mereka bisa mendapatkan hasil pemasaran yang besar. Biasanya, pesan dalam promosi yang disampaikan oleh Influencer itu bisa terlihat lebih natural daripada iklan yang terlihat di televisi, sehingga banyak masyarakat mulai tertarik untuk ikutan mencoba. Seorang Influencer sendiri bisa memiliki engagement yang cukup besar, sehingga jangkauan yang diraih pun juga akan luas. Hal tersebut pula membuat banyak brand berlomba-lomba bekerja sama dengan Influencer lewat strategi Influencer Marketing, yang tujuannya agar produk yang dipromosikan bisa mencapai target dan diterima oleh audiens yang tepat.
Namun, ada hal lain yang perlu diketahui sebelum kamu juga ikut dalam strategi Influencer Marketing. Selain jenis-jenis Influencer, ternyata terdapat informasi yang lebih mendetail tentang Influencer nih yaitu tentang kategori konten yang mereka publikasi. Untuk memudahkan kamu mengenali beberapa kategori Influencer untuk bisa mencapai target audiens yang cocok dengan produk mu, yuk simak bocoran dari INFINA yang mungkin bisa membantu kamu mengetahui kategori Influencer lebih dalam.
MENGENAL 5 KATEGORI INFLUENCER
1. Lifestyle and Travel
Banyak generasi milenial & generasi Z saat ini mengikuti gaya hidup yang ditularkan oleh para Influencer agar mereka terlihat trendy dan uptodate. Konten yang dihadirkan oleh Influencer juga biasanya didapat dari perjalanan pribadi, terlebih lagi jika mereka juga mencantumkan foto-foto tempat wisata yang mudah dijangkau serta memiliki ruang terbuka.
2. Beauty and Fashion
Munculnya beberapa produk lokal yang saat ini menjamur di pasaran mulai dari baju, tas, sepatu hingga gaun wanita memang menjadi perhatian para pembeli di toko online. Untuk itu, Influencer perlu memiliki ciri khasnya sendiri dalam try-on agar para pembeli mendapat gambaran yang spesifik sebelum checkout barang melalui e-commerce.
3. Food and Beverages
Saat ini jika membicarakan mengenai F&B tidak hanya sebatas membahas tampilan, icip-icip maupun masak-masaknya. Sekarang sudah banyak sekali berbagai konten baru tentang F&B yang bermunculan, diantaranya adalah video ASMR eating/cooking, mukbang, food challenge, dan mengungkap sisi sejarahnya.
4. Gaming
Tidak heran bila saat ini menjadi seorang gamer adalah pekerjaan yang mulai banyak diminati. Para Influencer gaming bisa memulai dengan menjelaskan mengenai seluk beluk game, cara memainkannya, hingga tips menjadi pro player.
5. Entertainment
Entertainment adalah segala sesuatu baik yang berbentuk kata-kata, tempat, benda maupun perilaku yang dapat menjadi penghibur. Hiburan bersifat subjektif, bergantung pada penikmatnya. Hiburan saat ini yang banyak bermunculan biasanya berupa video mengenai challenge, unboxing, daily vlog, hingga video reaction.
Dengan banyaknya kategori Influencer yang kini memenuhi konten di media sosial, membuat kamu semakin mudah untuk menyesuaikan konten Influencer dengan produk yang ingin kamu promosikan, bukan?
Jika kamu membutuhkan Influencer untuk bantu promosikan bisnis kamu, silahkan bergabung bersama INFINA yang merupakan platform untuk mencari Influencer dengan harga terjangkau yang bisa bantu mempromosikan bisnis kamu melalui paid promote.








































Jasa Paid promote, Endorsement, dan Micro Influencer Indonesia Harga Murah
INFINA – Platform Pemasaran UKM satu pintu, bersama Influencer yang melakukan paid promote dengan harga terjangkau
Paid promote – Adalah kegiatan pemasaran menggunakan influencer untuk memperkenalkan produk UKM. Paid promote
Endorsement adalah kegiatan pemasaran melibatkan influencer yang akan mengulas sebuah produk dan jasa dengan
Jualan Online jadi lebih dikenal dan mudah untuk meyakinkan pembeli dengan